Cara Nonton Film Netflix Yang Tidak Tersedia di Negara Kita

Pernahkah Anda menemukan sebuah film atau serial TV yang tidak ditemukan saat mencari di Netflix Indonesia padahal ada di library Netflix Amerika. Adakah cara nonton film Netflix yang tidak tersedia di negara kita?

Pasti Anda berpikir untuk menonton di Netflix Amerika saja. Secara teknis, hal ini tidak mustahil dilakukan. Teman-teman pasti kenal dengan VPN yang bisa mengubah lokasi seolah di negara lain. Namun apakah Netflix mengijinkan penggunaannya?

Mengapa Film Netflix Tidak Tersedia di Negara Indonesia

Sering kali ada judul judul film atau series yang ada di Netflix Global dan Amerika namun ternyata dicari di Netflix Indonesia tidak ada. Terdapat beberapa alasan mengapa film tertentu mungkin tidak tersedia di negara kita: 

  • Hak Penayangan Regional: Netflix harus mematuhi perjanjian dan lisensi penayangan dengan pemegang hak cipta untuk setiap film atau acara TV. Hak penayangan ini sering kali terbatas pada wilayah tertentu.

    Kadang film tertentu malah tersedia di platform streaming lain padaha tersedia di Netflix Amerka misalnya Amazon Prime, Disney+ Hotstar dll. Bagi Anda yang hobi nonton mungkin harus berlangganan 3-4 platform streaming jika ingin nonton semua serial populer.
  • Perbedaan Demografi dan Preferensi: Netflix juga mempertimbangkan preferensi dan minat penonton di setiap negara. Mereka memilih konten yang dianggap paling relevan dan menarik bagi pemirsa di setiap wilayah. Sebagai hasilnya, beberapa film mungkin dianggap kurang sesuai atau tidak menarik bagi pasar Indonesia.
  • Peraturan Pemerintah dan Sensor: Netflix perlu mematuhi aturan-aturan dari pemerintah Indonesia dan memastikan konten yang mereka tawarkan sesuai dengan ketentuan tersebut. Beberapa film mungkin tidak memenuhi persyaratan atau dianggap melanggar aturan sensor pemerintah Indonesia.

Perlu dicatat bahwa kebijakan penayangan film di Netflix dapat berubah dari waktu ke waktu. Film yang awalnya tidak tersedia di negara Indonesia mungkin menjadi tersedia di masa mendatang, atau sebaliknya.

Detail pembahasan telah dikupas tuntas pada artikel Mengapa Ada Film yang Tidak Muncul di Netflix.

Cara Nonton Film Netflix Tidak Tersedia di Negara Kita

Bukan tidak mungkin untuk menonton film Netflix yang tidak ada di library Netflix Indonesia. Solusinya termudah adalah menonton di Netflix Global, pastikan Anda mengubah lokasi IP menjadi negara di mana film tersebut tersedia di Netflix misal Amerika.

1. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Ketika Anda menggunakan VPN (Virtual Private Network), itu seperti memiliki "tunnel" pribadi yang menghubungkan komputer atau perangkat ke server di negara lain. Ini berarti Anda bisa "mengubah" lokasi secara virtual ke negara tersebut. 

Sekarang, mengapa ini berguna untuk menonton film Netflix yang tidak tersedia di Indonesia? Nah, Netflix memiliki daftar film dan acara TV yang tersedia di setiap negara. Beberapa film mungkin tidak ditawarkan di Indonesia, tapi mungkin tersedia di negara lain.

Ketika Anda terhubung melalui VPN, Netflix akan melihat alamat IP dari server yang digunakan, bukan alamat IP asli yaitu Indonesia. Sehingga, Netflix akan berpikir Anda sedang terhubung dari negara di mana film tersebut tersedia. 

2. Menyewa Virtual Private Server (VPS)

Saat menyewa VPS, Anda akan memiliki akses ke komputer virtual di negara lain. Anda bisa menggunakan komputer ini untuk terhubung ke Netflix dan menonton film yang tidak tersedia di Indonesia.

Misalnya VPS tersebut menggunakan server Amerika, maka Netflix akan mendeteksi bahwa Anda berada di Amerika sehingga bisa menonton serial dari library Netflix Amerika. Cara ini lebih efektif dibandingkan VPN namun harga sewa VPS yang mumpuni itu lumayam mahal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penggunaan VPN atau VPS untuk mengakses konten Netflix yang tidak tersedia di Indonesia mungkin melanggar kebijakan Netflix. Oleh karena itu, gunakan keduanya dengan bijaksana dan pertimbangkan risiko yang mungkin timbul.

Intinya, menonton film Netflix yang tidak tersedia di negara kita bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa opsi yang dapat dicoba seperti VPN dan VPS. Namun bukan tanpa resiko, bisa saja Netflix melarang penggunaan VPN dan berdampak pada pembatasan akses atau menghentikan akun.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gambar Setengah pada TV: 7 Sumber Penyebabnya

8 Cara Menghilangkan Garis Garis pada Layar TV Tabung

STB Aldo Tidak Ada Sinyal