Cara Efektif Membersihkan PCB dari Korosi: Langkah demi Langkah

PCB yang terkena korosi dapat menyebabkan gangguan serius dalam perangkat elektronik bahkan sering berakhir mati total. Untuk itu sebaiknya membersihkan PCB dari korosi secepat mungkin.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan korosi dengan cepat tanpa resiko. Selain itu juga memberikan informasi penyebab munculnya korosi di papan PCB.

Cara Membersihkan PCB Dari Korosi

PCB (Printed Circuit Board) adalah salah satu komponen elektronik yang penting dalam perangkat elektronik. SEbuah PCB memiliki sirkuit elektronik yang tercetak di atasnya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada PCB adalah korosi yang dapat merusak sirkuit elektronik.

Berikut adalah cara membersihkan PCB dari korosi:

  1. Matikan perangkat elektronik dan cabut semua kabel dan sumber daya. Hal ini untuk memastikan bahwa PCB sudah tidak lagi menerima daya listrik.
  2. Bersihkan PCB dari debu dan kotoran menggunakan kuas kering atau semacamnya. Pastikan untuk tidak menggunakan benda yang bisa merusak PCB. Penggunaan blower juga bisa untuk menerbangkan semua debu.
  3. Gunakan cairan pembersih PCB, Anda bisa membeli via online. Untuk toko elektronik di Indonesia kemungkinan sulit ditemukan kecuali di toko terlengkap di kota besar.

    Oleskan cairan pada bagian yang terkorosi dengan menggunakan kuas kecil atau kapas.

    Pastikan untuk menghindari mengenai bagian-bagian sensitif lainnya pada PCB.

    Tunggu beberapa menit agar cairan meresap ke dalam korosi.
  4. Gunakan sikat halus atau spons untuk membersihkan PCB secara perlahan-lahan. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras pada PCB saat membersihkan.
  5. Cek ulang PCB untuk memastikan bahwa tidak ada residu cairan pembersih di dalam sirkuit PCB.
  6. Setelah PCB benar-benar kering, pasang kembali ke perangkat elektronik dan uji kembali perangkat untuk memastikan bahwa semua komponen bekerja dengan baik.

Bisa tidaknya perangkat elektronik bekerja kembali itu tergantung pada tingkat korosi. Jika sudah parah hingga merusak sirkuit elektronik, mungkin sebaiknya ganti saja.

Pada kebanyakan kasus memperbaiki PCB itu hal yang sangat melelahkan karena harus dicek satu persatu jalurnya. Solusi termudah memang menganti terutama untuk yang sulit diperbaiki seperti motherboard.

Membahas tentang cairan pembersih PCB, bahan ini mungkin tidak ditemukan di toko elektronik dekat rumah. Sebaiknya search saja di marketplace favoritmu dengan kata kunci "Pembersih Komponen Elektrik".

Lebih bagus pilih yang model spray karena lebih cepat kering dan mudah dikontrol penggunaannya. Produk ini diklaim dapat menghancurkan dan melarutkan kotoran yang mengotori peralatan elektronik seperti PCB.

Di Indonesia, masyarakat ada yang menggunakan alkohol atau thinner sebagai alternatif. Intinya cari bahan yang tidak menimbulkan korosi, tidak menghantarkan listrik dan tidak meninggalkan residu berlebihan.

Penyebab Korosi Pada PCB

Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu pahami beberapa hal di bawah ini agar tidak perlu repot membersihkan korosi yang timbul pada PCB:

  • PCB yang terpapar kelembaban atau air dapat mengalami korosi. Hal ini dapat terjadi karena air dapat merusak lapisan pelindung pada PCB, terutama jika PCB terus terkena paparan air dalam jangka waktu yang lama.
  • Kontaminasi oleh zat kimia tertentu dapat menyebabkan korosi pada PCB. Zat kimia tersebut dapat berasal dari proses pembuatan PCB atau dari lingkungan sekitar.
  • Udara yang lembap atau tercemar dengan polutan dapat meningkatkan risiko korosi pada PCB. Hal ini dapat terjadi karena udara yang lembap atau tercemar dapat menyebabkan pembentukan lapisan tipis yang dapat memicu korosi pada PCB.
  • Kontak antara logam yang berbeda pada PCB dapat menyebabkan reaksi elektrokimia yang dapat menyebabkan korosi.
  • PCB yang sudah tua dan terpakai dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi rentan terhadap korosi. Ini karena lapisan pelindung pada PCB yang telah terpakai dapat terkikis seiring waktu.
Hadirnya korosi sangat sulit dihindari namun tidak ada salahnya mencoba mengurangi dampaknya. Jadi, selalu periksa dan bersihkan PCB secara berkala untuk menjaga kualitas dan kinerjanya.

Kesimpulannya, cara membersihkan PCB dari korosi yang paling aman adalah menggunakan pembersih elektrik. Produk ini tidak meninggalkan residu yang dapat merusak jalur sirkuit elektronik. Penggunaan mudah meskipun secara harga sedikit lumayan.

Terlepas dari jenis korosi atau tingkat keparahannya, langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mengembalikan keandalan dan kinerja optimal pada PCB. Sebaiknya jangan tunggu parah, setidaknya bersihkan debu di PCB secara berkala.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Gambar Setengah pada TV: 7 Sumber Penyebabnya

8 Cara Menghilangkan Garis Garis pada Layar TV Tabung

STB Aldo Tidak Ada Sinyal